Jumat, 13 Mei 2011

Usamah Kecil: Jubah Plus Rompi

“Baba..baba.. Usamah ikut shalat jumat yah..?,” Usamah kecil mendesak baba. Bergegas usaham lari kea rah kamar, mencari pakaian yang paling dia senangi. Tampak dia mengambil kaos biru dan celana levis yang tergantung di lemari pakaian. Dia berdandan rapi, rambut disisir klimis “pokok e cool banget deh tu bocah”.

Setelah rapi, usamah mendatangi baba di ruang tamu. setibanya di ruang tamu mata usamah sedikit melerok ke arah pakaian gamis yang sedang baba kenakan. Gamis yang dilapisi dengan rompi menambah keindahan pakaian.
Baba sempat terkejut melihat penampilan usamah kecil yang serba necis itu,, seraya baba berucap “ wah, usamah ganteng banget pakai kaos biru itu.. nanti bakal banyak kupu-kupu cantik yang hinggap lhoo..”.

            “ee…usamah kan mau  ikut baba ke masjid, kan di masjid kan ramai yah ba,, jadi usamah berpakaian rapi juga dong!”.
Baba menjawabnya dengan sindiran “ oo… tapi usamah kok pakai kaos itu? Itu kan kaos khusus untuk kunjung ke rumah nenek..!”..


            “Tapi kan, ini pakaian paling bagus buat usamah, Ba..”

Tersenyum baba menimpalinya “ Usamah, usamah lihat gamis yang baba pakai kan?..gimana indah kan?..lebih indah dari kaos yang usamah pakai lho!!”

Usamah yang masih lugu itu merasa tak menerima dengan penilaian baba, “kenapa baba kok bilang gitu?.. kaos usamah kan bagus, tapi kok…,!” desisnya dalam hati.

Diam-diam usamah menuju ke kamar mengobrak-abrik lemarinya kembali, mencari seragam gamis yang mirip dengan gamis baba. “haaa..ini dia pakaian indah itu,” usamah mengambilnya.
Kemudian dengan cepat usamah menanggalkan kaos biru dan levis lalu menggantinya dengan jubah berlapis rompi “wah, indahnya..”. jubah itu usamah pakai pas shalat hari raya saja lhoo.

Setelah berpakaian rapi usamah menyamperi mama yang lagi sibuk menata buku-buku di ruangan..

            “mama..mama..usamah cakep nggak pakai jubah ini?, usamah tampak isin”.

            “hehe..Usamah cakep banget pakai jubah itu, apalagi ditambah sedikit senyum..hehe!”

            “tapi tumben lho, usamah pakai jubah itu, biasanyakan hanya  usamah pakai pas hari raya saja..”

Sedikit berargumen usamah menjawab “ iya mi, tadi tu kan usamah pakai baju kaos biru.. itu tu yang sering usamah pakai kunjung ke rumah nenek..terus, terus baba bilang jubah yang baba pakai lebih cakep, indah lagi dipakai ke masjid.. jadi yah, usamah langsung ganti jubah ini biar mirip kayak baba..hehe”
Mama hanya tersenyum mendengar celoteh usamah kecil itu.

Tak lama kemudian usamah menggandeng tangan mamanya ke ruang tamu.  Seketika baba terkejut bangga melihat penampilan baru usamah “jubah plus rompi”.

            “wah, usamah makin cakep deh pakai jubah itu..,” baba memujinya.

            “terima kasih, Baba”

            “baba..baba.. sebelum berangkat kita foto dulu yah..yah..!”

“Hmm…reflek mama membuka kamera Hp.. wahid..itsnan..tsalasa.. ckrekk ckrekk.. pake foto segala tu si mungil..hehe”.

Notes:
  • Terkadang tak disadari ucapan orang tua sangat berpengaruh pada tindakan si anak, 
  • Mendidik anak dengan cara lembut, ramah akan lebih menyentuh anak.

 #Tulisan ini pernah diposting di notes Facebook